Rabu, 04 Oktober 2017

Apa itu Root ? Apa Saja Keuntungan dan Kerugian Root ?


Hello guys.. Kali ini saya akan menjelaskan pengertian root pada android, penjelasan ini saya dapat dari menggabungkan pengetahuan saya + dari beberapa sumber lain.

Yang akan dijelaskan di artikel ini antara lain :
  • Apa itu root pada android ?
  • Keuntungan dan Kerugian melakukan root pada android ?


Oke, Kalian pasti pernah dengar kata root atau rooting waktu teman atau orang lain membahas android kan ? Apa saja yang sudah kalian ketahui mengenai root pada android ?

Saya sendiri suka hal tentang android, dan juga suka oprek android. Dan saya pernah mendapat pertanyaan dan permintaan dari teman begini :
"Tolong dong root hp saya biar internal jadi lega"

"Tolong root hp saya biar baterainya tidak boros"
"Tolong root hp ini biar bisa install aplikasi ini (kasus: hpnya tidak memenuhi syarat minimum os pada aplikasi)"
"Apa bener jika android saya diroot nanti bisa untuk bobol password wifi ?"
"Hp saya sudah diroot kok gak rubah cdma jadi gsm ya ? (kasus: Andromax)"

saya rasa bukan saya saja yang mengalami hal tersebut, oleh karena itu di artikel ini akan dibahas dengan jelas tentang root supaya dapat mengurangi kesalahpahaman seperti itu.

Jadi, apa itu root ? apa bener bisa setelah root memori internal langsung jadi lega ?, semua aplikasi yang kita inginkan dapat diinstall ?, bisa buat nghack ?, atau bisa langsung merubah cdma jadi gsm ?
Semua jawaban dari pertanyaan itu insyaallah terjawab oleh penjelasan mengenai root dibawah.

  1. Apa itu root pada android ?
  2. Root menurut bahasa berarti akar, dan akar merupakan bagian inti kalau di pohon.
    Kalau di sistem operasi, root itu seperti program run as administrator pada windows atau perintah sudo pada linux yang berarti memberi kita akses penuh terhadap semua file dan semua perintah.
    Kita cinta android, tapi jika hp kita diroot, kita akan mendapat kesempatan untuk melakukan sesuatu lebih dibanding hp yang belum diroot. Rooting berarti kita akan mendapat akses root di hp kita dengan cara menginstall aplikasi Superuser/SuperSU atau flashing customROM yang include akses root.

    Setelah membaca penjelasan diatas, mungkin kalian sudah bisa menjawab sendiri pertanyaan-pertanyaan teman saya diatas.Jika belum,simak ini baik-baik :
    Rooting itu cuma memberi akses root,dengan kata lain untuk memperbesar memori internal,mempercepat, memperawet baterai, nghack, unlock gsm dll itu tidak bisa terjadi begitu saja setelah kamu berhasil rooting.. tapi membutuhkan kesesuaian sistem,aplikasi,tweaks dll untuk dapat mencapai tujuan itu.
    Sekarang bagaimana ? Mudeng mudeng mudeng..??

  3. Keuntungan dan Kerugian root android
  • Keuntungan android rooted :
    • Bisa customing ROM sesuka hati biar terlihat lebih keren
    • Agar Kamu bisa speeding up hpmu dengan overclocking
    • Unlock GSM
    • Memperbesar internal
    • Dan masih banyak lagi
  • Kerugian android rooted :
    • Garansi hp hilang
    • Tidak bisa update sistem/OTA (Kebanyakan vendor tidak memperbolehkan update OTA setelah andoid kamu rooted)

Catatan :
  • Android bawaan pabrik itu dibatasi hak aksesnya, dan setelah diroot kamu akan dapat akses penuh
  • Root itu dapat menghilangkan garansi. Kenapa ? Karena setiap vendor (Samsung,Sony,Asus dll) itu sudah membuat ciri khas mereka sendiri-sendiri bukan hanya dari wujud fisik, tapi juga sistem didalamnya. Karena sudah merubah sistem dengan merooting android, jadi kita sudah melanggar licensi mereka

Tambahan :
# Apakah Root illegal ? secara teknik tidak, karena android itu open source yang berarti gratis dan boleh dikembangkan. Tapi root yang digunakan seperti untuk unlock jaringan GSM itu mungkin illegal.hemm emang susah dijelaskan/dibayangkan , layaknya dvd bajakan yang suah marak diperjual-belikan :v
# Bisakah saya menghapus root(unroot) ? Ya tentu bisa, dengan cara unninstall su binary lewat aplikasi superuser/superSu atau kalau ingin benar-benar bersih bisa flashing StockROM (instal ulang)
# Apakah Rooting bisa membuat rusak hp saya ? Bisa jadi, tapi itu kemungkinanya sangat kecil. Jadi jangan sembarangan rooting jika belum yakin.
# Apakah semua android bisa diroot ? untuk saat ini sepertinya bisa diroot semua.sebenarnya dari dulu para vendor mencoba membuat protections sekebal mungkin agar produknya tidak tembus root, tapi hasilnya tetep aja kebobolan wkwkwk. Jika kamu punya hp keluaran baru, tinggal tunggu beberapa bulan saja pasti para phreaker sudah ada yang share cara root hp tersebut :v


Sekian, dan mohon maaf jika ada kekeliruan dalam penjelasan diatas.
Kolom komentar tersedia banyak, jadi jangan sungkan-sungkan berkomentar :D

Tolong berkomentarlah dengan sopan,
EmoticonEmoticon